MRI News

image
image
image
image
image
image

Inovasi Digital Dalam Layanan Perbankan: Tinjauan BSEM 2023

Greeting from MRI!

Perkembangan teknologi telah mengubah cara nasabah berinteraksi dengan layanan keuangan. Inovasi ini mendatangkan peluang baru dan memungkinkan terciptanya solusi perbankan yang lebih canggih dan efisien. Kemajuan teknologi juga telah mempercepat adopsi perangkat digital dan konektivitas internet yang kuat, memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan secara mudah dan nyaman.

Di sisi lain, persaingan yang semakin ketat antara lembaga keuangan tradisional dan pemain baru, seperti perusahaan teknologi finansial (fintech) dan industri perbankan digital, turut mendorong bank-bank untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. Bank harus berinovasi dan beradaptasi dengan cepat untuk mempertahankan dan menarik nasabah dalam lingkungan yang semakin digital, khususnya untuk memenangkan segmen nasabah usia muda, seperti generasi milenial dan generasi Z – nasabah yang tumbuh dengan teknologi digital sehingga memiliki harapan yang berbeda terhadap layanan perbankan.

Berbagai inovasi telah dilakukan oleh sejumlah bank dalam menjawab tantangan digitalisasi dengan menciptakan ekosistem perbankan modern melalui berbagai layanan digitalnya. Pada akhirnya, jika diterapkan dengan benar, layanan digital perbankan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menyediakan aksesibilitas yang lebih baik dan proses yang lebih mudah, serta menarik nasabah potensial dan meningkatkan pangsa pasar mereka.

Touchpoints digital apa sajakah yang diikutsertakan sebagai aspek pengukuran BSEM 2023? Lebih lanjut dapat dilihat pada infografis berikut.


Welcome to comment box! We're excited to have you engage in thoughtful discussions and contribute positively.

No comments yet, would you like to be the first one?

To leave a comment
please Login or Registering to continue

Drive your business forward
with strategic decision-making

Connect with our consultants to discuss about your project

or email mri@mri-research-ind.com