News Room

Wah Gawat… Mayoritas Masyarakat Nilai Toilet Umum Buruk

Category Consumer View | 0 Comments | 13 Juli 2015, 09:16:32 WIB

MRI RESEARCH, JAKARTA – Ternyata mayoritas masyarakat menilai, kondisi toilet umum di Indonesia buruk. Hal itu terungkap dari hasil jajak pendapat Kompas yang dilakukan pada 1-3 Juli 2015. Sebanyak 601 responden berusia minimal 17 tahun dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis dari buku telepon terbaru.

Responden berdomisili di 12 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Denpasar, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, dan Manado. Jumlah responden di setiap wilayah ditentukan secara proporsional. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95%. Nirpencuplikan penelitian +/- 4%. Meski demikian, kesalahan diluar pencuplikan dimungkinkan terjadi. Hasil jajak pendapat ini tidak dimaksudkan untuk mewakili pendapat seluruh masyarakat Indonesia.

Hasil jajak pendapat itu mencatat, pertama sebanyak 57% responden menilai kondisi toilet umum di Indonesia buruk. Dan 43% responden menilai baik, selebihnya menjawab tidak tahu.

Kedua, sebanyak 72% responden mengatakan ketersediaan air bersih sebagai syarat paling utama dari sebuah toilet umum yang layak untuk digunakan. Lalu, 18% mengatakan kloset yang bersih sebagai syarat paling utama dari sebuah toilet umum yang layak digunakan. Dan sisanya menjawab beragam, yaitu tisu yang memadai; tetap kering; ventilasi dan pencahayaan yang cukup; ada petugas kebersihan; tempat cuci tangan yang memadai; tersedia tempat sampah; dan lainnya.

Ketiga, sebanyak 71% responden menjawab faktor membilas bersih setelah menggunakan menjadi hal utama yang harus dilakukan supaya toilet umum tetap bersih. Lalu, 8% menjawab menggunakan tisu basah atau semprotan desinfektan membersihkan kloset duduk. Dan 7% menjawab tidak merokok di dalam toilet menjadi hal utama yang harus dilakukan untuk menjaga toilet umum tetap bersih. Selebihnya menjawab beragam, yaitu pembalut/tisu kotor dimasukkan ke tempat sampah; mencuci tangan dan mengeringkan tangan setelah menggunakan toilet; dan lainnya.

Lalu, toilet umum seperti apa yang layak digunakan menurut Anda? (RHN)

 

0 Comments

Leave a Comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Anda harus Sign In terlebih dahulu untuk memberikan komentar. Apabila belum Sign Up, maka Anda harus Sign Up terlebih dahulu untuk membuat akun sebelum Anda Sign In

ADDRESS

  • Head Office: Menara Bidakara 2, 7th floor, Unit 4,
    Jl. Gatot Subroto Kav. 71- 73
    Jakarta Selatan 12870
  • Operation Division : Jl. Tebet Raya 11C-D
    Jakarta 12810
  • Email: mri@mri-research-ind.com
  • Website: www.mri-research-ind.com
  • Telp :
    +62-21 8370-8767 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 831-4041 (Hunting) (Operation Division)
  • Fax :
    +62-21 8370-8768 (Head Office)
    +62-21 835-0114 (Operation Division)