News Room

MRI POLLING: Apakah Anda Pernah Mendengar atau Mengetahui Tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)?

Category Consumer Insight | 0 Comments | 24 Februari 2015, 09:26:24 WIB

JAKARTA, MARKETING RESEARCH INDONESIA (MEA) – Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) akan diberlakukan di akhir 2015. Pertanyaan yang kemudian muncul setelah perjanjian tersebut ditandatangani adalah sudah siapkah Indonesia untuk berpartisipasi dalam MEA? Atau justru pertanyaan yang lebih sederhana adalah berapa banyak masyarakat yang mengetahui tentang MEA? Pertanyaan-pertanyaan tersebut menarik perhatian MRI untuk mengangkat MEA menjadi salah satu tema dalam MRI Polling Edisi Januari-Februari 2015 ini. Polling ini dilakukan pada 470 responden berusia 18 tahun ke atas di area DKI Jakarta dengan metode Computer Aided Telephone Interview (CATI). Lalu, bagaimana hasilnya?

59%

 

41 %

 

Berdasarkan hasil polling, ternyata masih banyak penduduk di Jakarta yang mengaku tidak mengetahui tentang MEA. Sebanyak 59% responden menjawab mereka tidak pernah mendengar atau mengetahuinya. Ketika mereka diberikan sedikit penjelasan mengenai MEA pun, sebanyak 72% responden tetap mengatakan bahwa mereka tidak mengetahuinya.

Masyarakat Ekpnomi ASEAN (MEA) adalah sebuah perjanjian yang disepakati oleh Negara Anggota ASEAN yang akan membentuk ASEAN sebagai pasar dan basis produksi tunggal sehingga menjadikan ASEAN lebih dinamis dan kompetitif. Secara sederhana dengan adanya perjanjian ini anggota MEA telah menyepakati pasar bebas dimana akan ada keterbukaan akses pertukaran produk maupun sumber daya manusia di beberapa sektor.

 

Nampaknya, masalah sosialisasi MEA akan menjadi PR berat bagi Indonesia. Masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan tingkat kesadaran dan kesiapan bangsa, khususny apemuda yang akan menjadi generasai penerus. Karena, bagaimana sebuah negara dikatakan siap bersaing dalam pasar bebas ASEAN ini jika istilah atau nama MEA saja masih terasa asing. Bagaimana pula masyarakat dapat mempersiapkan diri untuk bersaing jika tingkat kesadaran mereka terhadap MEA masih rendah.

Lalu bagaimana dengan mereka yang menjawab sudah mengetahui tentang MEA? Sejauh apakah pengetahuan mereka tentang MEA? Selamat membaca di artikel berikutnya! (LAP)      

 

0 Comments

Leave a Comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Anda harus Sign In terlebih dahulu untuk memberikan komentar. Apabila belum Sign Up, maka Anda harus Sign Up terlebih dahulu untuk membuat akun sebelum Anda Sign In

ADDRESS

  • Head Office: Unit S-1916 Soho Pancoran
    Jl. Let.Jend MT.Haryono Kav. 2- 3
    Pancoran Tebet
    Jakarta Selatan 12810
  • Operation Division : Jl. Tebet Raya 11C-D
    Jakarta 12810
  • Email: mri@mri-research-ind.com
  • Website: www.mri-research-ind.com
  • Telp :
    +62-21 5010-1655 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 50101656 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 50101659 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 831-4041 (Hunting) (Operation Division)
  • Fax :
    +62-21 8370-8768 (Head Office)
    +62-21 835-0114 (Operation Division)