News Room

Prospek Industri Perikanan di Indonesia

Category Consumer Insight | 0 Comments | 20 Februari 2015, 09:24:19 WIB

JAKARTA, MRI RESEARCH – Para pengusaha dan pelaku industri perikanan saat ini tengah mempersiapkan RoadMap tentang industri kelautan dan perikanan di Indonesia. Hal ini tentunya sejalan dengan program Pemerintahan Jokowi dan JK yang dalam masa pemerintahannya akan memprioritaskan sektor kelautan dan perikanan sebagai andalan penerimaan devisa negara. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki laut yang luasnya sekitar 5,8 juta km² dan garis pantai sepanjang 91.181 km yang di dalamnya terkandung sumber daya perikanan dan kelautan yang mempunyai potensi besar untuk dijadikan tumpuan pembangunan ekonomi berbasis sumber daya alam. Saat ini Indonesia telah menjadi negara produsen perikanan dunia, di samping China, Peru, USA dan beberapa negara kelautan lainnya.

Potensi lestari sumberdaya ikan laut Indonesia diperkirakan sebesar 6,4 juta ton per tahun yang tersebar di perairan wilayah Indonesia dan perairan ZEEI (Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia), yang terbagi dalam sembilan wilayah perairan utama Indonesia. Dari seluruh potensi sumberdaya ikan tersebut, jumlah tangkapan yang diperbolehkan (JTB) sebesar 5,12 juta ton per tahun.

Sekalipun sampai sekarang Indonesia masih belum memanfaatkan sumberdaya ikan laut tersebut secara maksimal, namun dalam beberapa tahun terakhir ini tampak jelas bahwa produksi ikan Indonesia setiap tahunnya terus memperlihatkan peningkatan, baik dari hasil tangkapan luat ataupun dari hasil budidaya.

Kemajuan industri perikanan di Indonesia bukan saja terlihat jelas dari hasil produksinya, tetapi juga nampak dari hasil pemasarannya, khususnya untuk pasaran internasional. Untuk pasar lokal, dampak dari semakin berkembangnya industri pengolahan ikan, telah mengakibatkan terus meningkatnya konsumsi ikan di dalam negeri.

Dalam beberapa tahun mendatang peluang pengembangan usaha kelautan dan perikanan Indonesia masih memiliki prospek yang sangat baik. Jumlah penduduk Indonesia yang terus mengalami peningkatan, serta semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi dari sumberdaya alami, dan juga semakin besarnya peluang pasar ekspor, membuat Indonesia berpeluang besar untuk menjadikan sektor perikanan menjadi andalan penerimaan devisa Negara.

Keterangan lebih lanjut atau permintaan industrial research, hubungi marketing MRI dengan Sdr. Ahmad Supartu, 021-83708767 ext 112 atau Hp 0813-8171-3231 ataupun melalui email : ahmad.supartu@mri-research-ind.com (AS)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Anda harus Sign In terlebih dahulu untuk memberikan komentar. Apabila belum Sign Up, maka Anda harus Sign Up terlebih dahulu untuk membuat akun sebelum Anda Sign In

ADDRESS

  • Head Office: Menara Bidakara 2, 7th floor, Unit 4,
    Jl. Gatot Subroto Kav. 71- 73
    Jakarta Selatan 12870
  • Operation Division : Jl. Tebet Raya 11C-D
    Jakarta 12810
  • Email: mri@mri-research-ind.com
  • Website: www.mri-research-ind.com
  • Telp :
    +62-21 8370-8767 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 831-4041 (Hunting) (Operation Division)
  • Fax :
    +62-21 8370-8768 (Head Office)
    +62-21 835-0114 (Operation Division)