News Room

Peta Panas itu adalah Eye Tracking!

Category Consumer Insight | 0 Comments | 04 Februari 2015, 09:26:35 WIB

JAKARTA, MRI Research – Saat ini sudah banyak bermunculan analisa-analisa yang disebut peta panas atau heat map. Istilah tersebut bukan hanya keren, tetapi insight data yang terkandung di dalamnya pun luar biasa. Dan heat map sebenarnya adalah salah satu hasil dari penelitian dengan metode Eye Tracking.

Eye Tracking adalah suatu metode penelitian dengan mengamati gerak mata manusia. Sebagai sebuah indra, informasi atau hal-hal yang dilihat oleh mata akan dikirim ke otak untuk diproses. Proses ini akan membuahkan pemikiran atau persepsi terhadap apa yang dilihatnya tadi, yang pada akhirnya akan menentukan tindakan orang tersebut.

Sebagai contoh, kita sudah sering mendengar bahwa Page Rank sebuah website sangatlah penting. Bahkan jual-beli website ber-Page Rank tinggi yang harganya sangat mahal, laris manis di pasaran dunia. Mengapa? Karena beredar informasi bahwa Page Rank tinggi akan mendapatkan posisi Google search teratas, dan banyak orang akan mengunjungi website tersebut. Benarkah jika posisi Google search teratas akan banyak dikunjungi?

Hasil penelitian dari sebuah riset Eye Tracking dengan 60 responden di salah satu negara menunjukkan bahwa memang 3 posisi teratas Google Search yang paling banyak dilihat oleh pengunjung. Melalui analisa heat map, diketahui bahwa sebagian besar responden melihat 2-3 hasil teratas di Google, kemudian langsung melakukan tindakan, yaitu meng-klik link website teratas tersebut. 

Peta panas hanyalah sebagian saja dari data yang dapat dihasilkan oleh metode penelitian Eye Tracking. Detil informasi, urutan, serta berapa lama informasi dilihat, akan menjadi data penting yang dapat membantu sebuah perusahaan untuk mengerti kebutuhan dan minat dari customer-nya. Selain itu, ketika Eye Tracking di kombinasikan dengan tipe penelitian lain seperti Individual Depth Interview (IDI) atau Focus Group Discussion (FGD), maka hasil laporan penelitian akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk mengembangkan produk dan jasa mereka.

Untuk keterangan lebih lanjut atau permintaan untuk survey, hubungi MRI (021-83708767), dengan Zizah, Leonie, atau Retno. (CH)

 

0 Comments

Leave a Comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Anda harus Sign In terlebih dahulu untuk memberikan komentar. Apabila belum Sign Up, maka Anda harus Sign Up terlebih dahulu untuk membuat akun sebelum Anda Sign In

ADDRESS

  • Head Office: Unit S-1916 Soho Pancoran
    Jl. Let.Jend MT.Haryono Kav. 2- 3
    Pancoran Tebet
    Jakarta Selatan 12810
  • Operation Division : Jl. Tebet Raya 11C-D
    Jakarta 12810
  • Email: mri@mri-research-ind.com
  • Website: www.mri-research-ind.com
  • Telp :
    +62-21 5010-1655 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 50101656 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 50101659 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 831-4041 (Hunting) (Operation Division)
  • Fax :
    +62-21 8370-8768 (Head Office)
    +62-21 835-0114 (Operation Division)