News Room

Apa Yang Menjadi Daya Tarik Sebuah Travel Agent?

Category Consumer View | 0 Comments | 16 Januari 2015, 10:29:28 WIB

JAKARTA, MRI RESEARCH – Kesibukan yang semakin tinggi membuat waktu semakin terbatas, padahal keinginan untuk berwisata tidak menurun. Mau tidak mau, calon traveller perlu meminta bantuan untuk mempersiapkan perjalanan wisatanya. Kebutuhan ini menjadi peluang bagi perusahaan penyedia jasa travel (travel agent). 

Travel agent menyediakan layanan bagi masyarakat yang ingin travelling, mulai dari pemesanan tiket/hotel saja, paket tiket & hotel, sampai paket tour lengkap. Jika dahulu kita hanya mengenal 1-2 Travel agent, saat ini perusahaan penyedia jasa travel sudah menjamur, semua menawarkan hal yang sama kepada konsumennya. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi daya tarik konsumen memilih suatu travel agent?

Marketing Research Indonesia (MRI) melakukan survey untuk memahami minat, kebutuhan, dan perilaku orang-orang Indonesia dalam melakukan travelling, baik di dalam dan di luar negeri. Survey dilakukan di 6 kota besar dengan responden lebih dari 1.000 orang. "Salah satu yang kami pelajari adalah mengenai awareness, usage & attitude masyarakat terhadap travel agent yang ada di Indonesia," ujar Presiden Direktur PT MRI Harry Puspito, di Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Berdasarkan data MRI, 71% dari pengguna jasa travel agent mendapatkan informasi mengenai suatu travel agent berdasarkan rekomendasi dari teman-temannya. Sumber informasi terbanyak selanjutnya adalah dari keluarga dan kerabat. Kedua sumber tersebut mengalahkan persentase awareness dari iklan atau brosur.

Attracting package (paket yang menarik) menjadi hal penting pertama yang akhirnya membuat orang memilih suatu travel agent, hal ini dikatakan oleh 66% responden yang pernah menggunakan travel agent. Satu hal yang menarik, pemilihan travel agent tidak melulu dikaitkan dengan harga yang dipromosikan. Hal ini diperkuat dengan hasil survey Tourism ini, dimana faktor harga ternyata hanya menempati peringkat kelima. Dengan kata lain, masih banyak faktor lain diluar harga yang membuat seseorang memilih penyedia jasanya.

Bisnis travel agent merupakan salah satu bisnis yang berpotensi tinggi. Setiap tahun minat masyarakat terhadap perjalanan wisata hampir tidak pernah menurun. Namun demikian, pelaku bisnis bidang ini juga perlu jeli dalam mengembangkan jasanya. Apa yang ditawarkan harus tepat agar konsumen memilihnya.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai kajian perjalanan pariwisata ini atau permintaan untuk survey, hubungi MRI.(021-83708767), dengan Zizah, Leonie, atau Retno. (CH)

 

0 Comments

Leave a Comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Anda harus Sign In terlebih dahulu untuk memberikan komentar. Apabila belum Sign Up, maka Anda harus Sign Up terlebih dahulu untuk membuat akun sebelum Anda Sign In

ADDRESS

  • Head Office: Menara Bidakara 2, 7th floor, Unit 4,
    Jl. Gatot Subroto Kav. 71- 73
    Jakarta Selatan 12870
  • Operation Division : Jl. Tebet Raya 11C-D
    Jakarta 12810
  • Email: mri@mri-research-ind.com
  • Website: www.mri-research-ind.com
  • Telp :
    +62-21 8370-8767 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 831-4041 (Hunting) (Operation Division)
  • Fax :
    +62-21 8370-8768 (Head Office)
    +62-21 835-0114 (Operation Division)