News Room

BAURAN PEMASARAN

Category Consumer Trend | 0 Comments | 22 Desember 2014, 10:27:31 WIB

JAKARTA, MRI RESEARCH – Dalam konsep pemasaran kita mengenal apa yang disebut dengan marketing mix atau bauran pemasaran. Bauran pemasaran menjadi sarana bagi bisnis untuk menjangkau target pasar mereka, yaitu dengan meramu suatu penawaran berdasarkan komponen-komponen bauran pasar itu.

Bauran pasar mula-mula memiliki empat item yang dikenal dengan 4Ps, yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat atau distribusi) dan Promotion (promosi). Bisnis yang menawarkan berbagai produk seperti makanan, minuman, toiletries, dan sebagainya, sangat mengandalkan 4Ps dalam menyusun strategi pemasaran mereka.

Hal itu dikatakan oleh Presiden Direktur Marketing Research Indonesia (MRI) Harry Puspito, di Jakarta, Senin (22/12/2014).

“Ketika industri layanan berkembang, para ahli pemasaran mengembangkan konsep marketing mix menjadi 7 Ps dimana 3 Ps tambahannya adalah People (staf), Process (proses) dan Physical Environment (lingkungan fisik). Industry layanan seperti hotel, perbankan, penerbangan, operator telkom, dan sebagainya, tidak menawarkan produk fisik tapi produk layanan,” kata dia.

Menurut dia, sejumlah produk kemudian juga menawarkan layanan tambahan atau menjadikan layanan sebagai bagian utama dari bisnis. Contoh yang pertama adalah hand phone yang menawarkan jasa perbaikan; mobil yang menawarkan jasa perbaikan dan pemeliharaan; elektronik yang menawarkan layanan garansi. Nokia, misalya, menawarkan Nokia Care Center, yang tidak saja melayanani perbaikan handphone Nokia pada masa garansi, tapi juga setelah masa garansi habis.

Sedangkan contoh kedua adalah minuman kopi yang ditawarkan dalam lingkungan café. Starbucks, misalnya, menawarkan produk minuman kopi di café dengan layanan dan pengalaman Starbucks yang menyediakan tempat yang nyaman untuk konsumen ngobrol, baca koran atau majalah, bekerja dengan komputer, dsb. Untuk produk layanan seperti ini, ketiga P tambahan itu – People, Process dan Physical Environment - bisa menjadi faktor pembeda suatu tawaran.

Secara periodic, MRI memonitor trend sikap masyarakat terhadap bauran pemasaran ini namun masih focus pada 4 P. Survei dilakukan di Jakarta dengan mewawancara 500 responden laki-laki dan wanita usia 21 tahun ke atas dari kelas sosial ekonomi ABC+. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara telepon. Survei terakhir dilaksanakan pada akhir 2011, namun pertanyaan yang diajukan adalah kecenderungan konsumen untuk tahun berikut, yaitu tahun 2012.

Ingin tahu hasil survei lebih mendalam, silahkan hubungi MRI (021-83708767), dengan Zizah, Leonie, atau Retno. (RHN)

 

0 Comments

Leave a Comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Anda harus Sign In terlebih dahulu untuk memberikan komentar. Apabila belum Sign Up, maka Anda harus Sign Up terlebih dahulu untuk membuat akun sebelum Anda Sign In

ADDRESS

  • Head Office: Menara Bidakara 2, 7th floor, Unit 4,
    Jl. Gatot Subroto Kav. 71- 73
    Jakarta Selatan 12870
  • Operation Division : Jl. Tebet Raya 11C-D
    Jakarta 12810
  • Email: mri@mri-research-ind.com
  • Website: www.mri-research-ind.com
  • Telp :
    +62-21 8370-8767 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 831-4041 (Hunting) (Operation Division)
  • Fax :
    +62-21 8370-8768 (Head Office)
    +62-21 835-0114 (Operation Division)