News Room

MRI–SINUS Kaji 8 Area Perilaku Nasabah Bank

Category MRI | 0 Comments | 05 November 2014, 12:00:00 WIB

JAKARTA, MRI Research – Marketing Research Indonesia (MRI) bekerja sama dengan Lembaga Riset Sinus yang berasal dari Jerman, mencatat 8 area perilaku nasabah bank. Hasil tersebut merupakan studi riset mendalam yang dilakukan terhadap nasabah perbankan Indonesia dan nasabahnya.

“Data itu merupakan hasil riset MRI dan Sinus pada Agustus 2014, bertema “How to Convert Bank Customers from the Market’s Leading Bank. Fokusnya adalah untuk mengetahui upaya memenangkan nasabah dari bank-bank besar,” kata Presiden Direktur MRI Harry Puspito, di Jakarta, Rabu (05/11/2014).

Harry menyebutkan, 8 aspek nasabah bank dari kajian MRI dan Sinus, mencakup pertama segmentasi SINUS-Milieus yaitu Target Group Profiler dan Brand Segmentation Map. Kedua, Consumer Value Perception. Ketiga, Consumer Value Matrix. Keempat, Media Touchpoints. Kelima, Brand Strength Index (BSI). Keenam, Consumer Loyalty. Ketujuh, Consumer Satisfaction. Dan terakhir Consumer Journey (Moments of Truth).

Menurut Harry, studi itu dibangun berdasarkan segmentasi model pasar sesuai dengan model yang dikembangkan Sinus Institute dan telah digunakan di seluruh dunia selama lebih dari 20 tahun. Segmentasi ini didasarkan pada nilai-nilai kehidupan dan gaya hidup konsumen dari pemahaman utuh nasabah sebagai individu.

Riset ini juga, kata Harry, mampu mengidentifikasi secara utuh, mendefinisikan dan mendeskripsikan strategi memenangkan nasabah bank-bank besar mulai dari perencanaan hingga operasional bisnis yang konkrit.

“Dasar dan kerjasama dari laporan ini, menyentuh berbagai aspek relevan dari para nasabah. Juga memuat rekomendasi kebijakan bagi industri perbankan Indonesia untuk bisnis yang bertumbuh secara  berkelanjutan,” terang Harry.

Intinya, tambah Harry, hasil riset itu sangat terkait dengan upaya-upaya yang ingin dilakukan oleh industri perbankan Indonesia dalam memahami karakteristik nasabah Indonesia dan bagaimana memenangkan mereka menjadi nasabah yang loyal. (RH)

Keterangan lebih lanjut mengenai kajian ini, hubungi MRI dengan Diana, Zizah, atau Yura (021-83708767).

 

0 Comments

Leave a Comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Anda harus Sign In terlebih dahulu untuk memberikan komentar. Apabila belum Sign Up, maka Anda harus Sign Up terlebih dahulu untuk membuat akun sebelum Anda Sign In

ADDRESS

  • Head Office: Soho Pancoran, Tower Splendor 19th Floor, Unit 15,16,17.
    Jl. Let.Jend. MT.Haryono kav 2-3
    Jakarta Selatan 12810
  • Operation Division : Jl. Tebet Raya 11C-D
    Jakarta 12810
  • Email: mri@mri-research-ind.com
  • Website: www.mri-research-ind.com
  • Telp :
    +62-21 501 016 55 (Hunting) (Head Office)
    +62-21 831-4041 (Hunting) (Operation Division)
  • Fax :
    +62-21 8370-8768 (Head Office)
    +62-21 835-0114 (Operation Division)